PENGARINGAN PENGARINGAN PENGARINGAN PENGARINGAN PENGARINGAN PENGARINGAN

Minggu, 27 Maret 2011

Kiamat 2012...??




Kemarin ketika saya baru saja selesai memberikan khotbah di satu gereja, saya diundang untuk makan malam bersama dengan bapak dan ibu pendeta gereja tersebut. Makan Malam berjalan dengan seru dan hangat karena diselingi dengan topik-topik pembicaraan yang lagi “up to date”. Salah satu topik yang kemudian muncul pada saat itu adalah fenomena tentang Kiamat 2012 yang banyak dibicarakan di media massa. Pak pendeta bertanya kepada saya “Apa pandangan bapak tentang Kiamat 2012?”. Jujur selama ini saya hanya mendengar tentang Kiamat 2012 secara sambil lalu saja, tanpa menanggapinya secara khusus. Namun nampaknya semakin banyak saja orang yang bertanya tentang Kiamat 2012, salah satunya adalah sms yang pernah saya terima yang menanyakan benarkah di dalam Alkitab terdapat rujukan tentang kiamat 2012, krn orang yang mengirimkan sms itu mendapat info bahwa ada pendeta yang mengajarkan bahwa Alkitab mendukung teori kiamat 2012.

Banyaknya pertanyaan tersebut menggelitik hati saya untuk mendalami isue tentang Kiamat 2012 ini. Dari manakah sebenarnya teori ini berasal? Apa yang dikatakan teori ini? Apakah teori ini dapat dipertanggungjawabkan? Dan secara khusus apakah Alkitab mendukung teori Kiamat 2012 ini?

TEORI KIAMAT 2012

Secara singkat dapat dikatakan bahwa dunia akan mengalami kiamat (the end of the world) pada tanggal 21 Desember 2012. Dasar apakah yang dipakai untuk menyatakan bahwa Kiamat akan terjadi pada tanggal tersebut? Para pencetus dan pendukung teori Kiamat 2012 mendasarkan teorinya pada dua hal:

1. Pertama adalah Kalender Maya dan I-Ching, serta berbagai kitab-kitab kuno penuh misteri dari berbagai peradaban. Masyarakat Maya Kuno, yang dikenal maju dalam bidang ilmu matematika dan astronomi-nya, mengikuti “perhitungan panjang” kalender yang mencapai 5.126 tahun. Ketika peta astronomi mereka dipindahkan ke kalender Gregorian, yang digunakan secara standar sekarang, waktu perhitungan bangsa Maya berhenti pada 21 Desember 2012. Tidak ada lagi perhitungan masa setelah tanggal tersebut. Tidak ada tanda akan adanya perpanjangan atau apapun, hanya berhenti begitu saja. Tanpa adanya peringatan untuk kembali ke angka nol, atau apapun.

Sayangnya perhitungan menggunakan kitab I-Ching dan kitab lain tidak dibahas secara detail, hanya disebutkan bahwa semua kitab yang ada dan perhitungan yang ada mendukung perhitungan yang ada dalam kalender panjang bangsa Maya ini.

2. Kedua adalah para biksu Tibet yang terkenal dengan kemampuan mereka untuk meramal, mereka juga mengatakan akan adanya bencana besar yang akan melanda dunia secara global pada 2012.

Apakah yang akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012, para penutur teori ini mengatakan beberapa hal:

1. Dikatakan bahwa pada tanggal tersebut, matahari akan menutupi bumi dari hubungan garis lurus dengan Galaksi kita. Posisi matahari yang sedemikian, akan memutus “tali pusar” bumi dengan pusat Galaksi, fenomena yang hanya akan terjadi 26.000 tahun sekali dan akan menyebabkan bencana musim dingin berkepanjangan, atau mungkin bahkan adanya lidah matahari yang menjadi sangat panjang dan menjilat atmosfir atau bahkan permukaan bumi dan membakar semua kehidupan

2.Dikatakan pula bahwa pada tanggal tersebut akan terjadi pembalikan titik magnet bumi, entah secara mendadak atau secara perlahan, tapi yang jelas, utara akan menjadi selatan, dan sebaliknya, matahari akan terbit dari barat dan seterusnya. Intinya, bencana akan timbul karena perubahan mendadak yang menyebabkan gravitasi dan medan magnet berantakan, angin dan gempa bumi, aliran air juga akan terpengaruh dan berbagai bencana alam akan terjadi serempak.

3. Diramalkan matahari akan menjadi sangat luar biasa aktif dan menyebabkan panas luar biasa yang mencapai bumi, apalagi karena atmosfir kita yang menipis dan berlubang, hanya akan menyebabkan pemanasan secara radikal, yang selanjutnya bisa Anda saksikan seperti di film The Day After Tommorow.

4. Salah seorang fisikawan di UC Berkeley mengatakan bahwa 65 juta tahun lalu, adanya tumbukan asteroid raksasa yang memicu berbagai reaksi dalam bumi yang mengakibatkan dinosaurus musnah dalam waktu yang sangat singkat dan bisa dikatakan hampir bersamaan. Menurut sumber fisikawan yang tidak diketahui namanya tadi, dengan siklus perhitungan ilmiah (yang tidak diketahui juga prosesnya) kejadian yang sama akan terjadi dalam waktu singkat, kapan? Tentu tahun 2012 tadi. Sementara itu ada teori lain yang mendukung, adalah adanya teori Planet Nibiru yang adalah asteroid ini.Dikatakan bahwa ada sebuah planet bernama planet Nibiru yang sedang menuju kepada bumi pada tahun 2012 dan akan memasuki Tata surya dan menyebutkan gangguan gravitasi.

5. Para ahli Geofisika dari Rusia menyebutkan bahwa adanya medan awan energi antar bintang. Medan awan energi inilah yang merusak keseimbangan energi dalam susunan tata surya berbagai bintang yang ada, dan pada tahun 2012 sampai 2020, tata surya kita ini yang akan dilanda oleh awan energi perusak ini. Jika Anda bayangkan, kira-kira mirip dengan kejadian di film Fantastic 4: the Rise of the Silver Surver.

BENARKAH TEORI TERSEBUT?

a. Yang sangat menarik adalah berbagai tanggapan yang muncul dari kalangan ilmuwan bahkan dari suku Maya sendiri. Tetua suku Indian Maya, Apolinario Chile Pixton menyatakan bahwa kalender Maya yang disebut-sebut memperkirakan akan terjadi Kiamat 2012 adalah tidak benar. Apolinario Chile Pixton mengatakan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar, dan hanya akan memperburuk keadaan dan membuat orang ketakutan.

Pernyataan Apolinario Chile Pixton juga didukung oleh seorang seorang warga Guatemala bernama Chile Pixtun yang menyatakan bahwa teori kiamat 2012 itu datang dari gagasan barat, bukan dari suku Maya.

Kalender Hitungan Panjang suku Maya dimulai tahun 3114 SM. Kalender Hitungan Panjang suku Maya menandai siklus 394 tahunan sebagai Baktun. Angka tiga belas adalah angka sakral bagi suku Maya. Dan Suku Maya percaya dan yakin bahwa Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.

Namun, David Stuart, seorang spesialis epigrafi Maya dari Universitas Texas di Austin, AS mengatakan bahwa hal itu tidak menyimpulkan soal kiamat. ”Itu merupakan ulang tahun khusus soal penciptaan,” katanya. ”Orang Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir, tidak pernah mengatakan sesuatu yang buruk akan terjadi. Mereka hanya mencatat peringatan masa depan di Monumen Enam.”

Menurut laporan di National Geographic, kalender Maya tidak berakhir pada tahun 2012, dan orang Maya tidak menilai tahun itu sebagai akhir dunia.

b. Yang kedua adalah isue tentang adanya planet X yang dipercayai sebagai planet Nibiru yang akan mengakibatkan kiamat. Dari mana Nibiru ini berasal?

Pada tahun 1976, sebuah buku kontroversial berjudul The Twelfth Planet atau Planet Kedua belas ditulis oleh Zecharian Sitchin. Sitchin telah menerjemahkan tulisan-tulisan kuno Sumeria yang berbentuk baji (bentuk tulisan yang diketahui paling kuno). Tulisan berumur 6.000 tahun ini mengungkapkan bahwa ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki dari planet yang disebut Nibiru, mendarat di Bumi. Ringkas cerita, Anunnaki memodifikasi gen primata di Bumi untuk menciptakan homo sapiens sebagai budak mereka.

Ketika Anunnaki meninggalkan Bumi, mereka membiarkan kita memerintah Bumi ini hingga saatnya mereka kembali nanti. Semua ini mungkin tampak sedikit fantastis, dan mungkin juga sedikit terlalu detail jika mengingat semua ini merupakan terjemahan harfiah dari suatu tulisan kuno berusia 6.000 tahun. Pekerjaan Sitchin ini telah diabaikan oleh komunitas ilmiah sebagaimana metode interpretasinya dianggap imajinatif.

Lalu, bagaimana planet X diyakini sebagai planet Nibiru?

Terdapat “penemuan katai coklat di luar Tata Surya kita” dari IRAS pada tahun 1984 dan “pengumuman NASA akan planet bermassa 4-8 massa Bumi yang sedang menuju Bumi” pada tahun 1933. Para pendukung hipotesis kiamat ini bergantung pada penemuan astronomis tersebut, sebagai bukti bahwa Nibiru sebenarnya adalah Planet X yang telah lama dicari para astronom selama abad ini. Tidak hanya itu, dengan memanipulasi fakta-fakta tentang penelitian-penelitian ilmiah, mereka “membuktikan” bahwa Nibiru sedang menuju kita (Bumi), dan pada tahun 2012, benda masif ini akan memasuki bagian dalam Tata Surya kita, menyebabkan gangguan gravitasi.

Dalam pendefinisian yang paling murni, Planet X adalah planet yang belum diketahui, yang mungkin secara teoretis mengorbit Matahari jauh di balik Sabuk Kuiper. Jadi tidak perlu dikuatirkan akan terjadinya planet sebesar matahari yang akan memasuki tata surya kita.

David Morrison, ilmuwan senior NASA mengatakan “”Tidak ada obyek di luar sana. Itu mungkin yang paling mudah untuk diucapkan. “

c. Tentang adanya teori “penyelarasan galaxy” (lihat no.1 di atas) maka David Morrison, ilmuwan senior NASA mengatakan “Tidak ada kesejajaran galaksi pada tahun 2012, atau setidaknya tidak ada yang luar biasa,” Dia menjelaskan penyelarasan terjadi pada setiap musim dingin solstice, ketika matahari seperti yang terlihat dari bumi, muncul di langit dekat dengan titik tengah Bima Sakti.

d. Sedangkan teori yang mengatakan tentang adanya jilatan api raksasa dari Matahari, Morrison berkata “Ternyata matahari tidak sesuai jadwal, Kami berharap bahwa siklus ini mungkin tidak akan mencapai puncaknya pada tahun 2012, tetapi satu atau dua tahun kemudian.”

TINJAUAN ALKITAB

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa Kiamat itu ada. Dalam Alkitab kejadian ini dikenal sebagai kedatangan Tuhan (Yesus) yang kedua atau disebut juga sebagai Hari Tuhan. Namun apakah Kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012? Dan benarkah Alkitab mendukung tentang hal tersebut?
TENTU SAJA TIDAK!!! Karena Yesus Kristus (Isa Almasih) sendiri mengatakan bahwa “Tetapi tentang hari dan saat itu (Kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa (Allah) sendiri.” (Matius 24:36).Jadi, kita melihat bahwa Alkitab sendiri mengatakan bahwa hari Kiamat tidak ada seorangpun yang tahu. Senada dengan ini, saudara-saudara Moslem juga mengatakan bahwa “Kiamat adalah ilmu Allah” artinya hanya Allah yang tahu tentang kapan kiamat akan terjadi.

Walaupun demikian, ada beberapa orang yang berusaha memaksakan pendapat mereka dengan mengatakan bahwa dalam nas Injil tersebut hanya dikatakan tentang hari dan jam (diambil dari terjemahan bahasa Inggris “hour”) jadi hanya hari dan jam yang tidak tahu, namun tahun kita boleh mengetahuinya.

Hal di atas tentu saja adalah hal yang konyol dan mengada-ada. Karena kata ὥρα dalam Injil sebenarnya bisa berarti literal maupun figuratif yang dapat berarti jam maupun musim ataupun waktu-waktu tertentu. Dan jika kita bandingkan dengan Kisah Para Rasul 1:7 “Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.” (Kisah 1:7) maka akan cocok maknanya dengan nas Injil di atas bahwa yang dimaksudkan adalah bahwa Kiamat itu tidak bisa diketahui kapan waktunya (entah tahun, bulan, minggu, hari ataupun jamnya). Karena Yesus yang mengatakan dalam Injil juga Yesus yang berbicara dalam nas Kisah tadi. Perhatikanlah bahwa Yesus memakai kata “masa” (khronos) menunjukkan waktu yang tidak tentu dan “waktu” (kairos) yang menunjukkan waktu yang tepat.

KESIMPULAN

Janganlah kita menjadi bingung dan cemas dengan berita-berita tentang Kiamat dan sebagainya. Dari pada memusingkan dengan hal-hal tersebut mari kita lebih berkonsentrasi tentang bagaimana supaya kehidupan kita boleh menjadi semakin berkualitas, berbobot dan berkenan di hadapan Allah. Alkitab bukanlah kitab ramalan namun sebuah kitab yang mengajarkan bagaimana kita bisa menjadi “manusia Allah”, Alkitab memperlengkapi dan mendidik kita supaya menjadi orang yang memiliki karakter Kristus/sifat Allah.

Orang yang sudah mempersiapkan hidupnya tidak kuatir kapan Kiamat akan terjadi. Karena ia telah siap-sedia. Hanya orang yang tidak siap yang kuatir dan bingung tentang isue hari Kiamat.

Semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa berjaga dan taat bukan menjadi orang yang ketakutan dan diombang-ambingkan dengan “rupa-rupa angin pengajaran”

Tidak ada komentar: